Rabu, 24 Februari 2021

Bukan ibu warteg biasa

Tanggal 23 februari 2021

Jadi sekitar jam satu siang, saya berangkat ke salah satu percetakan yg cukup besar dibandung namanya angkasa putra di jalan cihampelas bandung.

Tujuan utama adalah membuat lable handtag buat cardigan ala korea gtu yang emang lagi viral saat ini. File corel udah saya buat dan tinggal cetak print kemudian proses cutting saja.

Setelah ambil antrian saya coba tanya kepetugasnya kira2 beres berapa lama? Dia menjawab 30 menit kurang lebih, perut sih udah lapar ya. Tapi kalo pulang dulu jaraknya lumayan makan waktu juga, akhirnya memutuskan buat nyari makan siang tapi murah.

Karena kebetulan hanya ada uang tunai 14rb dikantong wajib nyari makanan murah wkakakka. Oke kita cari warteg aja, otak ngasih ide yang kemudian di iyakan.

Nemu warteg ga jauh dari tempat percetakan, saya pesen tumis usus dan sayur leunca, bajet 10rb ceritanya.

Biasa,suka nanya saya mah " asli dari mana bu?" Kemudian dia jawab "dari jawa tengah tapi sekarang tinggal dibandung, karna disana tinggal saudara aja".

Sambil ngunyah makanan saya dengerin obrolan ibu warteg cerita, sampe pada suatu obrolan saya mendengar kata "engineering". Cara pengucapannya yang bikin penasaran, selain itu bahasa yg dia gunakan bakal berpikir "ini bukan ibu warteg biasa". 

Cara tersimpelnya buat tahu seseorang adalah tanya keluarganya, salah satunya anak. Kemudian saya tanya "anaknya kerja dimana bu?", "sempet di garuda indonesia, trus pindah ke telkom dan sekarang dipertamina cuman dialihin ke perusahaan gasnya" dengan nada santai ibu warteg menjawab. 

Kemudian saya melongo wahahaha, oke pertanyaan selanjutnya emang sekolah S1nya dimana, di Taruna Bakti 😂. Tambah geleng2 saya. Iya saya anak bungsu saya di UNPAD. Tambah bingung saya wkakakkaa.

Makanan saya udah mau hampir habis, saya lontarkan pertanyaan terakhir, "buk kenapa jualan warteg?" Ibunya dengan antusias ngomong selain hobi masak dia bilang warteg itu untungnya bisa 100%, baru sampe sini obrolan terpotong karena ada beberapa pembeli.

Otak saya berputar2, sambil mikir dan ambil pelajaran. Saya ga tau yah dia jualan dari tahun berapa dan apakah jadi penghasilan utamanya. Tapi yang jelas cerita model gini banyak, bukan hanya sinetron seperti tukang bubur naik haji doang.

Rejeki memang dari Alloh tapi cara kelola kita yg menentukan. Yang nyari ide buat bisnis juga kang muluk2 inilah itulah, intinya bukan hanya "jualan apa" yang bener adalah gimana cara "kelola uangnya". Mungkin ya, saya juga ga tau, masih belajar.

Semoga manfaat

0 comments:

Posting Komentar