Sabtu, 17 Agustus 2013

Visi dan Misi Bisnismu



Oke, saya tahu bagaimana rasanya ketika kalian merasa semangat untuk berbisnis, membuka sebuah peluang usaha yang akan dirasa bakalan ramai dan menguntungkan. Mungkin karena terinspirasi dari teman,keluarga atau sahabat tentang bisnis tertentu, ataupun baru ikut seminar bisnis. Yaitu semangat yang menggebu - gebu dan cepat - cepat ingin membuka usaha.

Boleh anda mendengar banyak motivator - motivator bisnis menggembar - gemborkan bahwa kalian harus langsung "Buka", oke hal itu tidak jadi masalah, akan tetapi ini adalah salah satu hal yang paling mendasar dalam menciptakan bisnis atau peluang usaha, yaitu visi dan misi.

yup, benar kedua hal itu adalah hal yang membuat semangat anda yang menggebu - gebu itu tetap stabil dan tetap dalam jalurnya. Pertanyaannya visi dan misi yang seperti apa yang baik untuk bisa tetap "istiqomah" dalam menjalankan bisnis.

Beberapa waktu yang lalu saya pernah ikut seminarnya Kang Rendy Saputra, dia bertanya tentang apa dasar visi dan misi sebuah usaha atau bisnis?, setelah sedikit menjelaskan bahwa kamu bisnis hanya untuk mendapatkan materi saja itu tidak salah, hanya kurang tepat. Yang jelas kamu harus membuat visi dan misi usaha kamu itu benar - benar BERMANFAAT untuk orang lain.

Semakin besar manfaat yang dirasakan orang lain mengenai usaha dan bisnismu maka semakin besar juga materi yang kamu dapatkan. oke sebagai contoh, siapa yang bisa mengambil manfaat dari hadirnya Google?, siapa yang mendapatkan manfaatnya dari Yahoo? Siapa yang bisa mengambil manfaatnya dari waroeng Steak? saya yakin hampir sebagian besar orang mengacungkan tangan. Dengan hadirnya google, kita terbantu dalam mencari hal - hal yang kita butuhkan diinternet, pantas saja nilai sahamnya tinggi. Dengan hadirnya yahoo, kita bisa membuat surat elektronik. dan dengan hadirnya waroeng steak para anak muda dan mahasiswa bisa makan dan nongkrong asik dan makan steak yang harganya terjangkau.

jadi mungkin kalian bisa mengambil kesimpulan diatas dan menyusun visi dan misi bisnis anda akan lebih mudah. tak perlu Visi dan Misi yang terlalu berlebih tapi pikirkanlah tentang MANFAATNYA bisnis anda bagi orang lain.


Semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar